Senin, 25 April 2016

Inilah Kesalahan Fatal dalam Berbicara






Berbicara boleh dilakukan pada semua orang. Dengan bicara, orang dapat berkomunikasi dengan orang lainnya. Inilah yang juga menumbuhkan jalinan pertemanan.


Namun, terkadang kita melupakan etika-etika dalam berbicara sehingga orang lain dapat sakit hati lewat perkataan. Untuk itu perlu diperhatikan kesalahan-kesalahan dalam berbicara.


Inilah kesalahan fatal dalam berbicara:

1. Protes
Ketika kita mendapatkan sesuatu tidak sesuai dengan ekspektasi, misalnya pelayanan transportasi yang buruk atau pengiriman barang yang tidak sesuai, jika itu tidak fatal akibatnya, sebaiknya tidak usah protes. Protes akan membuatmu dicap sebagai tukang protes. Atau yang sepele saja, ketika di rumah kamu makan tidak sesuai dengan ekspektasimu, jangan langsung protes. Intinya syukuri apa yang ada aja.

2. Suka Berlebihan
Melebih-lebihkan sesuatu termasuk dalam kebohongan. Ketika bercerita, kita terkadang suka melebih-lebihkan untuk menarik perhatian. Tapi ingat, berlebihan tak akan membuatmu bahagia.

3. Suka Menggosip
Tidak ada orang yang suka digosipkan, karena biasanya gosip itu membicarakan keburukan. Kalau kamu tidak ingin digosipkan, sebaiknya kamu juga jangan menggosipkan orang lain.

4. Suka Menyalahkan
Ketika ada satu hal yang tak benar, jangan langsung menyalahkan orang lain. Lihat dulu duduk perkaranya, bisa saja kesalahan itu datang dari dirimu. Menyalahkan orang lain juga bisa membuat orang lain sakit hati.

5. Suka Mengeluh
Suka mengeluh akan membuat temanmu malas mendengarkanmu. Mengaku saja, pasti kalau kalian bersama teman atau saudara dan yang mereka ceritakan adalah keluhan, kamu pun pasti akan malas mendengarnya. Sama seperti kamu, jika kamu hanya mengeluh di dekat teman-teman atau orang dekatmu, pasti mereka pun malas mendengarmu.


Itulah kesalahan dalam berbicara yang harus dihindari. Jadi, pikirkan dulu sebelum bicara ya guys!

0 komentar:

Posting Komentar