Sabtu, 23 April 2016

Kiat-Kiat Menjadi Orang yang Bahagia


Kebahagiaan pada dasarnya adalah pilihan. Kita sendirilah yang menentukan apakah kita bahagia ataupun tidak. Sayangnya, sebagian orang hanya fokus pada uang atau jabatan sebagai patokan sebuah kebahagiaan. Nyatanya, semua orang bisa bahagia dengan caranya sendiri dan ini adalah 12 kebiasaan orang bahagia:



1. Tidak Menyimpan Dendam
Tidak menyimpan dendam biasanya menandakan bahwa kita memiliki hubungan yang baik terhadap sesama. Dendam hanya akan berkembang menjadi segala hal yang negatif dan dengan bebas dari itu, maka akan membantu seseorang untuk menjalani hidup lebih bahagia.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Petunjuk Adanya “Alien”

2. Bersyukur
Bersyukur menjadi cara untuk hidup bahagia yang berikutnya. Setiap orang yang selalu bersyukur atas apa yang dimiliki di dalam hidup, maka ia akan dipenuhi dengan segala hal positif dan dapat mencapai tujuan yang mereka inginkan dengan lebih cepat.

3. Tidak Mempermasalahkan Hal Kecil
Sering kali sebagian orang mempermasalahkan hal kecil atau sepele sehingga justru menimbulkan kemarahan atau ketidaksenangan dalam diri. Hal-hal semacam ini akan membuat stres, yang kemudian tidak baik bagi pikiran dan serta tubuh. Jadi, behentilah membuang waktu serta tenaga hanya untuk mempermasalahkan hal yang tidak penting dan fokus pada sesuatu yang bermanfaat dalam hidup.

4. Tidak Membicarakan Orang Lain
Jangan terlibat dalam gosip apapun. Meskipun terdapat gosip yang dianggap menarik, itu hanya akan menciptakan hal negatif dalam pikiran dan hati kita yang kemudian akan membuat kita menghakimi orang lain.

5. Meluangkan Waktu Sendiri
Meluangkan waktu untuk diri sendiri akan sangat menyenangkan. Lepaskan diri dari kesibukan atau rutinitas sepanjang hari. Selalu menyediakan waktu untuk membuat diri senang dengan melakukan apa yang kita suka sehingga memunculkan kebahagiaan dalam diri.

6. Memikirkan Potensi Diri
Pikirkanlah kekuatan yang dimiliki dan berhentilah merenung tentang kelemahan diri. Setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan, sehingga fokuskanlah pada kekuatan yang kita punya agar mencapai tujuan yang diinginkan, sehingga mendapatkan kebahagiaan.

7. Berada Dalam Lingkungan yang Positif
Berada dalam lingkungan yang positif akan mempengaruhi kita untuk menjadi seseorang yang positif pula. Apapun pekerjaan atau tugas yang sedang dikerjakan, bila berada dalam keadaan serta memiliki orang-orang yang positif, maka segalanya akan terlaksana dengan maksimal.

8. Makanan yang Bergizi
Makanan ternyata mempengaruhi emosional  dan fisik kita. Asupan yang kita konsumsi harus diatur dengan baik agar menimbulkan suasana hati yang baik. Makanan sehat dan segar dapat meningkatkan energi sepanjang hari yang kemudian akan membuat kita menjadi bahagia pula.

9. Tidur yang Cukup
Hal lain yang harus diperhatikan adalah tidur yang cukup setiap hari, yaitu tujuh sampai delapan jam. Ini agar tubuh terhindar dari kelelahan dan organ tubuh berfungsi dengan maksimal.

10. Mengubah Diri Sendiri
Beberapa ciri atau karakter seseorang tidak dapat diubah, jadi orang yang ingin bahagia harus belajar menerima hal itu pada siapapun. Berhentilah mengubah orang lain karena yang penting adalah mengubah diri sendiri untuk menjadi lebih positif dan bahagia.

11. Melupakan Masa Lalu
Berhenti untuk mengingat masa lalu apalagi kenangan buruk. Masa lalu tidak dapat mengubah apa yang dikerjakan sekarang. Hanya menjadikan itu sebagai ingatan untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dibuat. Jangan pula memikirkan masa depan terlalu jauh karena hal itu belum terjadi. Lakukan saja yang terbaik yang saat ini kita kerjakan.

12. Jangan Banyak Beralasan
Jangan selalu beralasan. Menciptakan berbagai alasan hanya akan menjadi seseorang pecundang. Alasan adalah cara mudah untuk keluar dari sesuatu tanpa melakukan apa-apa, sehingga sama saja tidak memiliki arti apapun.

Dan, itu dia 12 kebiasaan orang bahagia. Apakah selama ini anda sudah termasuk di dalamnya?

Baca Juga: Kapan Anda Akan Mati? Ilmuwan Temukan Cara Memprediksinya

0 komentar:

Posting Komentar