Sabtu, 23 April 2016

Tips Menjaga Rambut Agar Tidak Mudah Rusak


Banyak orang ingin memiliki rambut yang sehat dan indah, bahkan tak sedikit yang menjadikan rambut sebagai aset alami, sehingga membuat mereka ingin menjaga aset tersebut. Tidak sedikit juga orang yang memiliki masalah dengan rambut.



Berbagai macam masalah dialami seperti kerontokan. Kerontokan adalah hal yang paling menyebalkan, karena kerontokan yang berlebih dapat menyebabkan kebotakan yang pastinya hal tersebut tidak diinginkan oleh pemilik aset tersebut.

Berikut ini adalah tips-tips menjaga kesehatan rambut:

Berikut adalah cara untuk membuat rambut lebih sehat, simak gan:

1. Lidah Buaya
 Cara menjaga kesehatan rambut yang pertama adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Daun lidah buaya mengandung zat yang mampu merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut akan menjadi lebat dan sehat. Cara memanfaatkannya adalah dengan membelah daun lidah buaya dan oleskan lendirnya ke seluruh bagian rambut hingga benar – benar merata. Tutuplah menggunakan handuk kecil kemudian diamkan hingga sekitar 30 menit. Sesudah itu, cucilah rambut anda seperti biasa.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Petunjuk Adanya “Alien”

Lakukan cara tersebut sebanyak 3 kali dalam satu minggu secara rutin selama setidaknya 1 bulan. Setelah itu, lihatlah perubahan rambut anda yang kini semakin lebat dan hitam berkilau.

2. Daun Waru
Selain itu, untuk menjaga agar rambut tetap sehat bisa dengan memanfaatkan daun waru. Jika biasanya pohon ini banyak diabaikan di pekarangan belakang rumah, sekarang anda dapat memanfaatkannya untuk membuat rambut menjadi hitam dan berkilau.

Caranya adalah dengan menumbuh sejumlah daun waru sampai mengeluarkan lendir. Pisahkan antara lendir dan daun waru yang sudah hancur dengan cara menyaringnya. Tempatkan lendir daun waru ke dalam botol kecil kemudian embunkan selama 24 jam. Setelah itu, anda dapat menggunakannya dengan cara mengoles lendir tersebut ke seluruh bagian rambut mulai dari ujung hingga pangkal rambut.

Lakukan perawatan ini secara teratur sebanyak 3 kali dalam seminggu dan lihat perubahan rambut anda. Rambut akan menjadi lebih berkilau dan sehat.

3. Minyak Kemiri
Kacang kemiri yang akan digunakan sebagai penyubur rambut adalah kacang kemiri yang sudah dijadikan menjadi minyak kemiri. Minyak ini dapat anda dapatkan di toko atau bisa juga anda buat sendiri dirumah.

Cara membuat minyak kemiri di rumah adalah dengan menumbuk kemiri hingga halus kemudian campurkan sedikit air. Sangrai campuran tadi hingga mengeluarkan minyak. Minyak inilah yang kemudian digunakan untuk menyuburkan rambut.

Caranya adalah dengan mengoles minyak kemiri ke rambut hingga merata dan diamkan selama beberapa saat. Cucilah rambut hingga bersih ketika minyak kemiri sudah terasa lebih mengering.

4. Menggunakan Minoxidil
Jika kerontokan rambut disebabkan adanya faktor keturunan. Anda dapat mencoba menggunakan larutan yang mengandung minoxidil yang berfungsi untuk mengembalikan kesuburan rambut, memperlambat dan mencegah kerontokan rambut secara permanen baik untuk pria maupun wanita. Pengobatan dengan larutan minoxidil ini digunakan 2x sehari secara terus menerus karena efeknya akan berkurang setelah pemakaian dihentikan.

5. Makan Makanan yang Begizi
Jika anda sedang dalam program diet atau menurunkan berat badan, sebaiknya tetap menjaga asupan makanan dan kebutuhan akan keseimbangan nilai gizi untuk tubuh sehingga tubuh tidak kekurangan atau kehilangan sumber gizi yang penting. Tak hanya tubuh yang membutuhkan protein, vitamin dan komponen nilai gizi lainnya, rambut pun memerlukan hal yang serupa layaknya tubuh.
 Makan yang benar. Kesehatan tubuh juga mempengaruhi penampilan rambut kamu. Semakin sehat Kamu, semakin baik rambut Kamu terlihat. Nutrisi tertentu seperti vitamin, zat besi dan protein sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan kesehatan.

Selain itu, kandungan protein akan membuat rambut menjadi halus dan berkilau. Makanan yang banyak mengandung protein adalah telur, kacang, umbi dan lain-lain.

Kemudian, ada beberapa tips merawat rambut, simak gan:

1. Conditioning
Lakukan conditioning dengan benar. Conditioners diformulasikan untuk menyegel kadar air dalam batang rambut. Mereka tidak dimaksudkan untuk kulit kepala. mulai pengkondisian sekitar 2 inci dari kulit kepala. Terlalu banyak kondisioner pada kulit kepala hanya akan membuat kulit kepala Kamu berminyak.

2. Keramas secara teratur
Keramas secara teratur adalah hal penting dalam merawat rambut dan mudah dilakukan, caranya adalah menggunakan shampoo sehari 2 kali (Pagi dan Sore). Usahakan membeli Shampo yang mengandung Zinc dan Vitamin, karena kedua nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kepala dari ketombe.

3. Creambath
Jangan salah, sebenarnya creambath tidak hanya bisa dilakukan di salon. Creambath juga bisa dilakukan di rumah. Sudah banyak artikel-artikel yang membahas tentang cara creambath yang mudah dan murah. Sehingga Anda tidak perlu takut kehilangan uang anda lebih banyak karena sering pergi ke salon. Tetapi, jika budget anda memungkinkan, creambathlah di salon.
Banyak bahan-bahan yang bisa kita dapatkan dan menggunakannya dengan 
panduan yang benar.

4. Rajin Menyisir Rambut
Rajin-rajinlah menyisir rambut Karena hal ini mudah dilakukan dan tentunya… SANGAT MURAH!!! Hehehe. Kegiatan menyisir rambut ini memudahkan suplai darah ke kepala sehingga kepala lebih sehat. Tetapi jangan gunakan sisir yang bergigi rapat jika rambut anda termasuk rambut yang susah terpisah helai demi helainya. Dan juga jangan menyisir rambut selagi basah,karena itu akan mempercepat kerontokan rambut.

5. Konsultasi
Jika masalah kerontokan rambut dirasakan semakin parah, konsultasi segera dengan ahli masalah kerontokan rambut atau dermatologi.

Kemudian, ada beberapa hal yang harus dihindari untuk rambut anda agar tidak mudah rusak. Simak gan:

1. Hindari Matahari Langsung
Untuk menjaga kesehatan rambut adalah dengan cara menghindari sinar matahari secara langsung pada siang hari. Matahari di atas pukul sembilan pagi akan memancarkan sinar matahari yang sifatnya jahat. Jika anda tidak mengenakan payung, sinar tersebut akan membuat rambut anda menjadi kusam dan kering.

Selalu lindungi rambutmu dari sinar matahari, angin dan hujan. Paparan sinar matahari yang berlebihan, panas, kotoran, polusi, pencemaran dapat membuat rambut rusak. Hal ini dapat mengakibatkan kotoran bertumpuk, menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi kering, dan bisa menyebabkan infeksi pada kulit kepala.

2. Lindungi dari Lembab
Rambut basah sangat rapuh dan mudah rusak. Dalam keadaan basah, batang dan akar rambut Kamu lebih rentan terhadap kerusakan. Setelah keramas jangan langsung menyisir, tunggu beberapa saat sampai rambut agak kering.

3. Jangan Sering-Sering Menggunakan Hair Dryer
Ketika selesai keramas, biarkan rambut kering dengan sendirinya tanpa harus dikeringkan dengan menggunakan hair dryer, karena akan merusak rambut dan membuat rambut menjadi kering. Panas akan menyerap  kadar air dari rambut sehingga membuatnya kering dan keriting.

4. Hindari Mengecat Rambut
Biarkan rambut memiiliki warna asli. Jangan mewarnai rambut secara berlebihan dengan pewarnaan zat kimia. Rambut yang sering diwarnai dapat merusak perkembangan rambut karena zat kimia yang berasal dari pewarna rambut akan diserap oleh sel-sel rambut yang dapat mengakibatkan lambatnya pertumbuhan rambut yang sehat.

5. Hindari Topi
Jangan terlalu sering menggunakan topi, karena menggunaan selam 1 hari akan membuat suhu udara di sekitar kepala anda menjadi panas dan sirkulasi udara menjadi terhambat, memungkinkan produksi keringat semakin banyak dan membuat kulit kepala anda semakin tersiksa. Gunakan topi saat hendak bepergian saja untuk menghindari pancaran langsung sinar matahari.

6. Hindari Stres
Stres dapat mengaktifkan hormon yang membuat rambut berminyak sehingga lebih mudah lepek. Usahakan bersantailah sejenak, pikirkan dengan tenang atau berlibur sebentar dengan keluarga. Lakukanlah hal-hal yang membuat anda terhindar dari stres.

Nah, itulah beberapa tips agar rambut anda tetap sehat. Tetap konsisten dalam merawat rambut anda agar aset yang anda punya tidak cepat hilang.

Baca Juga: Kiat-Kiat Menjadi Orang yang Bahagia

0 komentar:

Posting Komentar